Masalah Kebocoran Pada Atap Beton

Kebocoran pada atap beton sering terjadi, ini salah satu masalah yang sering dihadapi oleh kontraktor bangunan dan konsultan di dalam pembangunan proyeknya.

Maslah kebocoran pada atap beton
Masalah kebocoran pada atap beton akibat retak 
Banyak produk waterproofing yang ada dipasaran untuk pencegahan masalah kebocoran pada beton yang biasa terjadi, seperti :
  1. Bahan adhesiv pecampur beton
  2. Curing beton powder
  3. Curing beton penutup beton (nonwoven geotextile)
  4. Penyiraman air berkala untuk menjaga mutu beton
  5. Coating waterproofing
  6. Membran aspal waterproofing
  7. Membran pvc waterproofing
  8. Masih banyak lagi lainnya, produk-produk waterproofing yang diproduksi untuk pencegahan kebocoran pada atap beton.
Sekarang ini semakin sempitnya lahan parkir, pada area pusat perbelanjaan, banyak kita lihat konstruksi lahan parkir susun, dengan kontruksi baja dan menggunakan beton lantai pracetak (precast concrete panel), yang terbukti dapat menahan beban kendaran yang parkir diatasnya.

Kendala yang kurang diperhatikan, pada lantai beton panel ini, adalah masalah kebocoran pada sambungan setiap panelnya, apalagi pada bentangan yang cukup panjang diatas 6 meter, dangan ketebalan diatas 20cm.

Kita ketahui sifat beton yang tidak kuat menahan tekan, tapi kuat menahan tarik, dan kebalikan dengan besi tulangan sebagai rangka beton yang kuat menahan tarik tetapi tidak kuat menahan tekan, sehingga gabungan dari kedua bahan ini menjadikan satu kesatuan yang sangat kokoh untuk konstruksi beton bertulang.

Kendala lain akibat beban kendaran diatas beton adalah lendutan yang terjadi terhadap panjang bentangan, dan tidak bisa dihindari pasti akan terjadi, dan yang perlu diingat juga bahwa beton memiliki muai susut yang sangat tinggi, pada siang hari beton akan memuai (expand), dan celah (joint) akan menjadi sempit, dan pada malam hari beton akan menyusut (shrinked), dan ditambah dengan lendutan akibat beban ditengah bentangan, maka akan membuat sambungan beton, akan terjadi retak rambut, dan disinilah kebocoran pada sambungan akan terjadi,

Mengapa disain Sambungan harus besar?

Disain sambungan yang didisain besar pada beton karena takut terjadi pemuaian dan penyusutan yang tinggi pada beton, sebenarnya tidak perlu, asalkan sambungan joint kita berikan expansion joint sebagai peredam benturan beton dengan beton yang akan terjadi, dan bersifat waterproof.

Bahan grouting semen, memiliki kekuatan yang baik untuk pengisi celah, tetapi apakah beton yang anda grouting kuat menahan daya lekat dari semen grouting tadi, tentu tidak, kami sarankan buatlah lebih kecil untuk joint pada sistem pekerjaan konstruksi sambungna joint pada beton precast. Karena semakin kecil semakin efektif penggunaan bahan expansion joint dan membran waterproofing.

Membran aspal waterproofing sangat efektip digunakan untuk pencegahan kebocoran pada atap beton untuk mencegah kebocoran yang diakibatkan :
  1. Muai susut beton
  2. Retak rambut pada beton
  3. Sambungan dilatasi pada beton
  4. Sambungan expansion joint yang ada pada beton
Sehingga kami sarankan untuk pembuatan beton yang difungsikan sebagai atap, dan lahan parkir sebaiknya pilih dan gunakan produk yang tepat guna, untuk ketahanan dan terhindarnya beton atap dari kebocoran yang biasa terjadi.

Untuk pekerjaan beton baik basement dan atap serta dinding beton (wall precast concrete) yang rawan retak rambut dan kebocoran ikuti langkah-langkah ini :
  1. Gunakan bahan adhesiv campuran beton yang bagus, dan rekomended
  2. Gunakan beton dari pabrikan yang mutu betonnya baik dan rekomended
  3. Jangan sepelekan curing beton, tutup beton setelah dicor dengan non woven geotextile.
  4. Untuk precast concrete (beton pracetak), sebaiknya buat joint sekecil mungkin, dan gunakan expansion joint dan joint filler terbaik
  5. Untuk Atap beton, selalu gunakan membrane aspal waterproofing, dan gunakan selalu primer coating yng daya lekatnya baik.
Semoga dengan mengikuti langkah langkah diatas, para kontraktor akan merasa aman dari masalah kebocoran pada lantai beton, dinding beton, dan atap beton, baik beton pracetak atau beton on site.

Dengan harapan  tulisan ini bermanfaat bagi orang banyak khususnya para insinyur muda aristek dan sipil.

wa